Rabu, 17 April 2013

pemanfaatan sumber daya alam



pemanfaatan sumber daya alam



Pemanfaatan sumber daya alam artinya adalah menggunakan atau mengambil manfaat dari sumber daya alam yang ada untuk kepentingan manusia. Pemanfaatan sumber daya alam tidak boleh merusak ekosistem secara efisien dan memikirkan kelanjutan sumber daya alam itu.
Adapun macam sumber daya alam, dibagi menjadi tiga jenis golongan yaitu, sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, dan sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui:
a.Sungai
Manfaat sungai sebagai sumber air di antaranya adalah :
1)    Sebagai sumber penghidupan dan kehidupan, air dibutuhkan manusia. Oleh karena itu, tumbuhlah pemukiman di sekitar sungai.
2)   Sungai juga dapat dijadikan sarana transportasiuntuk mendukung mobilitas manusia.
3)   Sungai berfungsi sebagai sumber protein hewani yang hidup di dalamnya, seperti ikan.
4)   Sungai berfungsi untuk mengairi pertanian (irigasi).
b. Waduk atau Danau
Manfaat dari danau atau waduk bagi kepentingan manusia ialah sebagai berikut.
1)    Danau/waduk berfungsi sebagai tempat rekreasi alam, seperti Danau Toba, Situ Patenggang Jabar.
2)   Danau/waduk berfungsi untuk mengairi irigasi, seperti waduk Jatiluhur, Saguling, dan Cirata.
3)   Danau/waduk berfungsi sebagai PLTA, seperti Jatiluhur, Cirata dan Saguling.
c. Laut
Manfaat laut bagi kepentingan manusia adalah sebagai berikut:
1)    Sebagai rumput laut untuk bahan makanan, obatobatan, dan bahan kosmetik.
2)   Tempat objek wisata bahari.
3)   Sumber protein hewani, seperti ikan laut, kerang.
4)   Sebagai transportasi antarpulau.
5)   Gelombang dan arusnya dapat didayagunakanuntuk tenaga listrik.
6)   Sinar Matahari, Suhu dan Angin

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui
a.    Sumber Daya Energi
Sumber daya energi ini adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Proses pembentukannya selama jutaan tahun. Sumber daya ini apabila diolah akan menghasilkan energi panas yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya.
1)    Minyak Bumi.
Manfaat Minyak bumi dapat diolah kembali dan menghasilkan bahan bakar yang kita kenal selama ini yaitu, minyak tanah, diesel, premium, dan lain-lain. Adapun sebaran penghasil minyak bumi di Indonesia adalah Sulawesi, Jawa (Cepu dan Cirebon), Kalimantan, (Tarakan, Kutai, dan Balikpapan), Maluku, Nusa Tenggara, Sumatra (Palembang dan Jambi).
2)   Batu Bara
Manfaat batubara adalah Batu bara digunakan untuk keperluan industri dan pembangkit listrik tenaga uap dan pembakaran batu gamping serta genting.
3)   Gas Alam
Gas alam biasanya ditemukan pada saat pengeboran minyak bumi. Ada dua macam gas alam yang diperdagangkan, yaitu LPG dan LNG.
b.    Sumber Daya Mineral
Selain sumber daya energi, sumber daya mineral juga memiliki peranan penting dalam menghasilkan logam untuk berbagai keperluan industri lainnya untuk menunjang kehidupan manusia.
1)    Emas
Manfaat Emas banyak digunakan orang untuk perhiasan, bahan penyepuh, membuat huruf emas, fotografi, menambal atau melapisi gigi yang rusak, perkakas laboratorium ilmiah, synthetic fiber, dan juga untuk thermocouples, dan sebagainya.
2)   Perak
Manfaat Perak bisa dikatakan merupakan saudara kembar emas. Perak banyak digunakan untuk membuat campuran-campuran logam , solder perak fotografi, keramik, baterai pada jet dan peluru kendali, kamera televisi, dan alat-alat presisi.
3)   Intan
Manfaat Intan dijadikan orang untuk perhiasan. Intan yang digunakan sebagai batu permata adalah batu yang transparan, putih bersih, warnanya hijau jernih atau berwarna biru muda. Selain untuk perhiasan, intan digunakan pada pahat diamond drilling, roda gerinda, gergaji, pahat alat bor, untuk memotong dan menggosok batu permata, sebagai alat untuk pemotong kaca.
4)   Tembaga
Tembaga merupakan logam bukan besi. Manfaat Tembaga digunakan untuk kabel-kabel listrik, telepon, lemari es, amunisi, pesawat terbang, peluru kendali, membuat perunggu, kuningan, industri kimia, bahan celup, rayon, serta digunakan juga untuk perlengkapan dapur.
5)   Bauksit
Bauksit digunakan untuk bijih yang mengandung oksida aluminium monohidrat atau trihidrat.Aluminium yang berasal dari bauksit banyak digunakan untuk ampelas, bahan yang tahan api, pembuat logam, dan industri kimia.
6)   Batu Gamping
Limestone diartikan batu gamping atau batu kapur. Manfaat Batu gamping digunakan untuk bahan bangunan seperti batu, serbuk kapur, pengeras jalan, bangunan dam-dam, pembuatan gelas, dan untuk industri.
7)   Pasir (Pasir Kuarsa)
Manfaat pasir kuarsa sangat banyak, seperti tanah liat, industri kimia, industri keramik (gelas, lembar kaca). Peranan pasir kuarsa dalam kegiatan pengecoran besi sangat penting. Pada umumnya, cetakan benda tuang terbuat dari pasir dengan pengikat lempung atau bentonit. Pasir kuarsa berkristal besar digunakan untuk optik.
8)   Timah
Timah terdiri dari dua jenis yaitu timah hitam dan timah putih. Manfaat Timah hitam banyak digunakan orang untuk campurancampuran logam seperti tipe metal dan solder. Timah hitam juga banyak digunakan untuk bahan-bahan industri cat, keramik, kilang minyak, karet, dan industri kimia, sedangkan kegunaan timah putih pada umumnya untuk pelapis logam-logam seperti baja, tembaga, dan lain-lain. Timah putih dapat digunakan untuk pembuatan perunggu, pembuatan kuningan, gelas, keramik, pipa, stabilizer dalam plastik, pengawet kayu, dan banyak lagi kegunaannya.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Mempunyai sifat Gabungan
a. Sumber Daya Biologis
1) Hutan
Pemanfaatan hutan bagi kehidupan adalah:
a) hutan sebagai sumber plasma nutfah;
b) hutan sebagai pengatur tata air;
c) hutan sebagai sumber bahan makanan dan obat-obatan;
d) hutan sebagai pengatur iklim mikro ataupun makro;
e) hutan sebagai tempat wisata;
f) hutan sebagai sumber penelitian;
g) hutan sebagai habitat makhluk hidup.
2) Perikanan dan Peternakan
Perikanan dan peternakan merupakan sumber daya alam gabungan berasal dari hewani. Pemanfaatan perikanan dan peternakan ialah:
a)    perikanan, sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani.
b)   Hasil peternakan ini ada yang dimanfaatkan dagingnya untuk keperluan protein seperti daging ayam, sapi, kambing, dan lain-lain.
c)    Ada pula yang mengambil kulitnya seperti kulit sapi dan kulit kambing untuk pembuatan sepatu, dompet, atau jaket.
d)   Terhadap hewan peliharaan itulah sifat terbarukan dikembangkan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar